Ticker

6/recent/ticker-posts

Berita Mengenang Soebronto Laras, Tokoh Suzuki yang Bertangan Dingin dalam Membangun Bisnis

 


Kontak aja - Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh otomotif nasional. Soebronto Laras (79), Chairman Indomobil Group dan Komisaris Suzuki ini tutup usia pada Rabu malam, 20 September 2023. Ia merupakan sosok yang lekat dengan industri kendaraan bermotor di Tanah Air. Profilnya begitu rendah hati. Mudah berbincang bareng siapapun, tanpa memandang jabatan, termasuk kepada awak media. Good governance merupakan warisan utama, selama tampuk kepemimpinannya.


KEY TAKEAWAYS

Soebronto Laras Bergabung dengan Grup lndomobil sejak 1976 sebagai Presiden Direktur PT lndomobil Utama. Ditunjuk sebagai Direktur Utama Perseroan pada 1982. Pada Juni 2002 ditunjuk sebagai Komisaris Utama Perseroan. Sebelum berpulang, menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika dan Presiden Komisaris di berbagai anak perusahaan dalam kelompok usaha lndomobil.


Dalam acara atau seremoni tertentu yang berhubungan Indomobil Group, Soebronto beberapa kali menjadi tamu undangan. Gampang sekali diajak berdialog mengenai hal apa saja. Apalagi saat bersinggungan dengan dunia otomotif, adrenalinnya seakan meluap-luap. Banyak gagasan muncul, penuh antusias dan semangatnya tetap tinggi tatkala membicarakan perkembangan industri otomotif Tanah Air.


baca juga : dealer mobil daihatsu subulussalam


Airlangga Hartarto dan Soebronto Laras


Memang sejak kecil, dunia otomotif seakan menjadi bagian napasnya. Mulai dari perbengkelan, mekanik, hingga menjadi pembalap roda dua bersama Tinton Soeprapto. Beradu cepat merupakan hal yang lazim dilakukan semasa remaja. Hal ini tak lepas dari latar belakang keluarga Soebronto. Ayahnya, R. Moerdono, ialah importir sejumlah merek seperti Citroen, Tempo dan VW Combi sejak 1949.


Selepas SMA, pria kelahiran 1943 ini mengenyam pendidikan di luar negeri. Soebronto Laras mengantongi gelar Sarjana Teknik Mesin dari Paisley College di Skotlandia pada 1969. Kemudian Diploma of Business Administration dari Hendon College di London pada 1972. Berbekal banyak pengalaman belajar di Inggris. Ia lantas mulai membangun pengalaman bersama Suzuki. Bahkan memiliki hasrat untuk menjual mobil berkualitas namun terjangkau.


Bergabung dengan Grup lndomobil sejak 1976 sebagai Presiden Direktur PT lndomobil Utama. Barulah pada 1982, Soebronto ditunjuk sebagai Direktur Utama Perseroan dan pada Juni 2002 ditunjuk sebagai Komisaris Utama Perseroan berdasarkan Akta No. 95 tanggal 25 Juni 2002 yang dibuat di hadapan Poerbaningsih Adi Warsito, S.H., Notaris di Jakarta. Sebelum berpulang, dirinya menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika dan Presiden Komisaris di berbagai anak perusahaan dalam kelompok usaha lndomobil.


Soebronto Laras


Cerita lain mengenai Carry. Ia sempat melakukan pendekatan ke Suzuki agar merakit mobil di Indonesia. Singkat kata, untuk kali pertama, Soebronto menjajakan kendaraan niaga ringan ST10 dengan mesin 360 cc dua silinder 2 Tak, rakitan Indomobil Utama. Namun dianggap terlalu kecil. Dirinya menginginkan mesin lebih besar, lantas muncul mobil niaga ringan ST20 bervolume 550 cc tiga silinder 2 Tak.


kunjungi juga : diariodepodologia.blogspot.com


Hal ini diceritakan langsung saat acara Jambore Suzuki Club di Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII, Jakarta Timur akhir September 2019. Kilas balik lagi. Saat itu ia menjajal sendiri ST20 di Manado, Sulawesi Utara, pada 1978. Memang sengaja dilakukan, karena sedang musim panen cengkeh. Dirinya bercerita membawa contoh 10 unit “mbahnya” Carry. Kemudian berhasil diniagakan kepada petani cengkeh. Begitu terus, hingga berdagang sampai 100 unit saban bulan. Kesuksesan itu pun berlanjut hingga sekarang. Carry pikap selalu merajai pasar kendaraan niaga ringan. Hingga menyumbang 50 persen total penjualan Suzuki Indonesia.


“Kami dari Suzuki Indomobil Sales menyampaikan duka cita dan berbela sungkawa atas meninggalnya Pak Bronto. Kami sangat kehilangan sekali sosok dan figur seperti beliau yang notabene amat lekat dengan merek kami. Begitu besar jasa dan kerja keras beliau. Semoga harapan beliau untuk (kami) terus memajukan industri otomotif di Tanah Air bisa terealisasi,” ucap Harold Donnel, 4W Marketing & Business Strategy Director PT Suzuki Indomobil Sales, saat dihubungi OTO Media Group.