Ticker

6/recent/ticker-posts

Berita Transmisi CVT Mitsubishi Xforce Lebih Canggih Dibanding Xpander

 


Kontak aja - Basis transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) dari Mitsubishi Xforce serupa dengan Xpander. Namun, kepunyaan Xforce diklaim lebih canggih dan memiliki respons yang lebih presisi.


KEY TAKEAWAYS

Basis CVT sama seperti Xpander Namun otaknya dibuat lebih responsif dalam membaca kontur jalan


Dijelaskan oleh Masahiro Tamura, Product Appeal Evaluation Departemen Mitsubishi Motors, transmisi matik CVT dari Xforce mengalami pembaruan yang bisa menyesuaikan dengan medan jalan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.


"Mitsubishi Xforce bisa mendeteksi jika kita sedang berada di tanjakan, posisi tanjakannya kurang lebih 7 persen. Bila sudah mendeteksi it, secara otomatis dia akan improve (tenaga) 25 persen dari kendaraannya dengan memilih posisi gigi yang lebih besar. Jadi secara otomatis mobilnya akan lebih responsif," kata Tamura di sela-sela Media Test Drive Mitsubishi Xforce di Karawang, Jawa Barat belum lama ini.


Lalu secara otomatis juga sistem transmisi Xforce akan membaca ketika mobil sedang melaju di jalanan menurun. CVT pada SUV kompak ini akan memberikan deselerasi yang lebih besar sehingga menghasilkan efek engine brake. Transmisi pada mobil ini akan mengurangi tenaga hingga 10 persen.


"Namun di keadaan lain, bila mobil berada di jalanan menurun dengan derajat kira-kira 5 persen saja dia akan memberikan engine brake. Sebetulnya di Indonesia atau di negara ASEAN lainnya jarang tersedia, karena fitur ini hanya ada di kendaraan Eropa," tambah dia.


transmisi CVT xforce


Pada kesempatan sama, Pembalap Mitsubishi, Rifat Sungkar juga memberikan testimoninya soal transmisi CVT Xforce. Menurutnya, berkat pembaruan atau kalibrasi yang dilakukan membuat Xforce cocok digunakan di berbagai medan jalan Indonesia.


"Mobil ini menggunakan transmisi CVT, tapi dia bisa berubah mode-nya secara otomatis. Pertama ketika pedal gas diinjak secara penuh 100 persen mobil ini akan terasa sporty karena perbedaan giginya step up, terasa seperti 8-percepatan," pungkas Rifat.


Namun ketika karakter berkendaranya santai, secara otomatis juga transmisi CVT dari Xforce akan memberikan rasa berkendara yang halus untuk menunjang kenyamanan para pengendaranya.


"Tapi bila driving ability-nya 50 persen atau santai dia akan membuat kurva yang flat sehingga tidak terasa slip atau tidak berasa apa-apa. Di sini dia akan mendapatkan rasio yang stabil," tambahnya.


Baca Juga: kredit mobil daihatsu langsa


Dalam rangkuman Rifat terkait transmisi CVT Mitsubishi Xforce bisa mengakomodasi ragam kebutuhan konsumen. Xforce sendiri mendebut global di Indonesia dan pengujiannya dilakukan di pasar Asean dengan porsi yang lebih besar di Indonesia.


"Ini akan menjadi point plus utama dari Mitsubishi Xforce ketika kita berkendara. Karena tujuannya yang pertama untuk efisiensi bahan bakar kita bisa dapat, sporty feelingnya bisa dapat, tapi safety fiturnya secara otomatis juga bisa didapatkan dengan adanya perubahan software di transmisi," imbuhnya.


CVT xforce


Sebagai informasi, Mitsubishi Xforce dibekali dengan mesin yang serupa dengan Xpander. Di balik kapnya bersemayam enjin berkode 4A91 dengan kubikasi 1.500 cc yang mampu hasilkan tenaga 103,5 Hp di 6000 rpm dan torsi puncak 141 di 4.000 rpm. Jantung pacu ini dikawinkan dengan 1 pilihan transmisi saja, yakni otomatik CVT dengan penggerak roda depan.


Buat memberikan pengalaman berkendara lebih asyik, sudah tersemat 4 Drive Mode meliputi Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Fitur unggulan pada SUV kompak ini adalah Hill Start Assist (HSA), Active Stability and Traction Control (ASC + TLC). Kemudian peranti cruise control, Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Active Yaw Control (AYC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga sistem car audio besutan Dynamic Sound Yamaha Premium.


Per September 2023, mengacu laman jualan resmi Mitsubishi Indonesia, Xforce dijual dengan harga Rp382,5 juta untuk varian Exceed CVT dan Rp419,1 juta buat opsi tertinggi Ultimate CVT. Seluruh banderol yang ditawarkan itu sudah berstatus on the road (OTR) Jakarta.


kunjungi juga : qjpbusiness.blogspot.com